Desain Drum untuk Biogas Rumah Tangga

Drum bisa bermanfaat untuk menghasilkan biogas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gas rumah tangga, desain ini dibuat berdasarkan permintaan dari teman yang ingin membuat biogas dari sampah organik rumah tangga, seperti sisa makanan, sayur, potongan sayur dan sampah organik lainya. konsep dan desainnya sangat mudah untuk di buat, bermodalkan sebuah drum, bisa drum bekas maupun baru asalkan tidak ada yang bocor, dan beberapa pipa paralon, biogas digestion drum akan menjadi milik anda.


pada bagian tengah terdapat sebuah paralon yang cukup besar dan panjangnya hampir menyentuh bawah, jarak dari bawah 15-25 cm, pipa paralon ini berfungsi untuk memasukkan sampah-sampah oraganik yang akan di proses menjadi biogas, pada bagian atasnya terdapat tutup untuk menutup setelah memasukkan sampah, sedangkan sisa biogas yang berupa pupuk organik cair di buang pada bagian pipa di bawah, sedangkan gas yang terperangkap, setelah 20-30 hari bisa dibuat untuk memasak melalui pipa pada bagian atas yang disambungkan dengan kompor biogas.
desain ini memerlukan 2-3 kg sampah organik setiap hari untuk menghasilkan gas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan biogas untuk satu kepala keluarga.

Desain ini saat ini juga sedang dikembangkan, kami mengajak LSM, Pemda maupun Akademisi maupun perseorangan yang ingin mengembangkan biogas digester yang mudah dibuat dan murah untuk mengurangi sampah buangan di lingkungan masyarakat, silahkan kirim komentar atau email ke kontak kami.

1 Komentar:

  1. Deva says

    klo yg menggunakan kotoran ternak gimana pak,tlong disertai detail pembuatanya


Post a Comment